Sabtu, 10 Januari 2009

anak betawi ketinggalan jaman [?]

mungkin anda sekalian sering sekali melihat ruko kecil bertuliskan "rental PS" atau "warnet,game online" atau semacamnya.sekarang,anak2 lebih menyukai "mesin perusak" tersebut.dulu,anak anak,khususnya anak betawi,lebih menyukai maik di luar bersama dengan teman temannya,seperti petak umpet,tak jongkok,dan sebagainya.tapi, di era global seperti sekarang ini,dimana mesin mesin canggih telah menggeser keasyikan permainan tersebut.adakah anak anak betawi sekarang yang meminkan permainan tradisional tersebut? jarang ! bahkan bisa dikatakan "nihil".

contoh lain,dalam hal berpakaian,anak betawi jaman dulu karena sering mengaji,pakaian mereka pun kebanyakan memakai pakaian muslim.seperti anak laki laki memakai sarung,peci,baju koko,ataupun celana batik tiap harinya,dan anak perempuan berpakaian tertutup dengan mengggunakan jibab,baju muslin lengan panjang,dan juga rok panjang.tapi,apa yang kita lihat sekarang? anak anak menganggap itu kuno,terutama anak prempuan.walaupun masih kecil,tapi mereka menggunakan baju yang terbuka.seperti tank top dsb.jika dibiasakan memakai baju tersebut sejak kecil,bagaimana nanti waktu mereka beranjak besar? para orang tua seharusnya memahami hal tersebut.

ini bukan berarti saya menentang era globalisasi,tapi,apakah pantas perubahan di era yang serba cangguh ini merubah budaya dan norma norma yang telah ada sejak dulu?

Tidak ada komentar: